Rangkuman Diklat Implementasi Kurikulum 2013
- Bahwa Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu: sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan hasil belajar melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi
- Ranah sikap menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu mengapa".
- Ranah keterampilan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu bagaimana”.
- Ranah pengetahuan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu apa.”
- Dimana hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik (soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk menjadi solusi dalam menyikapi belum keluarnya ketetapan untuk C2 dan C3, dari hasil diklat Implementasi Kurikulum 2013, beberapa inovasi diberikan oleh narasumber diantaranya, pertama sepanjang C2 dan C3 belum ditetapkan maka sekolah dapat mengisinya dengan menggunakan matapelajaran produktif dari KTSP, dan yang kedua adalah memberikan draft struktur yang memang belum ditetapkan untuk dapat digunakan sebagai acuan penyusunan. Kedua solusi itu bagus untuk mempercepat penyusunan jadwal namun mubasir dan melelahkan (terutama perdebatan yang timbul saat penyusunan di tingkat sekolah). Contohnya untuk solusi kedua, dimana dinamikan yang timbul dari penentuan C2, sekarang ini telah ada penambahan mata pelajaran Simulasi Digital 3 jam/minggu untuk klas X, sehingga draft yang ada juga tidak bisa digunakan secara pasti sebelum ditetapkan oleh Dirjen Pendidikan Menengah.
No.
|
Kelompok
|
Mata
Pelajaran
|
Materi
|
Unduh
|
1.
|
Umum
|
Umum
|
Perubahan Mindeset ( Rhenald Kasali)
|
|
2.
|
Umum
|
Umum
|
Perubahan Minset
|
|
3.
|
Umum
|
Umum
|
Rasional Kurikulum 2013
|
|
4.
|
Umum
|
Umum
|
Elemen Perubahan Kurikulum 2013
|
|
5.
|
Umum
|
Umum
|
SKL KI-KD
|
|
6.
|
Umum
|
Umum
|
Strategi Implementasi Kurikulum
|
|
7.
|
Umum
|
Umum
|
Konsep Pendekatan Scientific
|
|
8.
|
Umum
|
Umum
|
Project Base Learning
|
|
9.
|
Umum
|
Umum
|
Problem Base Learning
|
|
10.
|
Umum
|
Umum
|
Discovery Learning
|
|
11.
|
Umum
|
Umum
|
Konsep Penilaian Autentik pada Proses dan Hasi
|
|
12.
|
Umum
|
Umum
|
Anaslisi Buku Guru dan Siswa Mapel
|
|
13.
|
Umum
|
Umum
|
Analisis Buku
Guru dan Siswa Tematik
|
|
14.
|
Umum
|
Umum
|
Rambu Rambu Penyusunan RPP
|
|
15.
|
Umum
|
Umum
|
Rambu-Rambu Penyusunan RPP Tematik
|
|
16.
|
Umum
|
Umum
|
Panduan Tugas Telah RPP
|
|
17.
|
Umum
|
Umum
|
Panduan Tugas
Analisis Rancangan Penilaian
|
|
18.
|
Umum
|
Umum
|
Strategi Pengamatan Tayangan Video
|
|
19.
|
Umum
|
Umum
|
Praktik Pembelajaran malalui peer Teaching
|
|
20.
|
SD
|
Tematik
|
Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu
|
|
21.
|
SD
|
Tematik
|
Implementasi Tematik Terpadu
|
|
22.
|
SD
|
Tematik
|
Contoh Implmentasi Pendekatan Scientific
|
|
23.
|
SD
|
Tematik
|
Analisis Buku
Guru dan Siswa Tematik
|
|
24.
|
SD
|
Tematik
|
Rambu-Rambu Penyusunan RPP Tematik
|
|
25.
|
SMP
|
Bahasa Indonesia
|
Contoh
Pendekatan Scientific Bahasa Indonesia
|
|
26.
|
SMP
|
Bahasa Indonesia
|
Contoh
Penilaian Autentik Bahasa Indonesia
|
|
27.
|
SMP
|
Bahasa Indonesia
|
Konsep Pendekatan Scientific
|
|
28.
|
SMP
|
Bahasa Inggris
|
Konsep Pendekatan Scientific
|
|
29.
|
SMP
|
Bahasa Inggris
|
Konsep Penerapan Scientific
|
|
30.
|
SMP
|
Bahasa Inggris
|
Konsep Penilaian Autentik
|
|
31.
|
SMP
|
Bahasa Inggris
|
Contoh Penerapan
|
|
32.
|
SMP
|
IPA
|
Konsep Pembelajaran IPA Terpadu
|
|
33.
|
SMP
|
IPA
|
Peneapan Pendekatan Scientific
|
|
34.
|
SMP
|
IPA
|
Conoth Penerapan Penilaian Autentik
|
|
35.
|
SMP
|
IPS
|
Konsep IPS Terpadu
|
|
36.
|
SMP
|
IPS
|
Contoh Pendekatan Scientific
|
|
37.
|
SMP
|
IPS
|
Contoh Penilaian Autentik
|
|
38.
|
SMP
|
Penjasorkes
|
Contoh Pendekatan Scientific
|
|
39.
|
SMP
|
Penjasorkes
|
Contoh Penilaian Terpadu
|
|
40.
|
SMP
|
PPKN
|
Contoh Penilaian Autentik
|
|
41.
|
SMP
|
PPKN
|
Contoh Pendekatan Scientific
|
|
42.
|
SMP
|
Prakarya
|
Contoh Penilaian Autentik
|
|
43.
|
SMP
|
Prakarya
|
Contoh Pendekatan Scientific
|
|
44.
|
SMP
|
Seni Budaya
|
Contoh Penilaian Autentik
|
|
45.
|
SMP
|
Seni Budaya
|
Contoh Pendekatan Scientific
|
|
46.
|
SMA
|
Bahasa Indonesia
|
Contoh Penilaian Autentik
|
|
47.
|
SMA
|
Bahasa Indonesia
|
Contoh Pendekatan Scientific
|
|
48.
|
SMA
|
Matematika
|
Contoh Penilaian Autentik
|
|
49.
|
SMA
|
Matematika
|
Contoh Pendekatan Scientific
|
|
50.
|
SMA
|
Sejarah
|
Contoh Penilaian Autentik
|
|
51.
|
SMA
|
Sejarah
|
Contoh Pendekatan Scientific
|
0 komentar:
Posting Komentar